berbagi resep-resep pilihan dari pengalaman pribadi

Artikel Terbaru

Senin, 17 September 2018

Resep Ceker Mercon Pedas Manis

resep_ceker_mercon_pedas_manis
Tidak biasa bagi orang bule, memakan ceker ayam adalah hal yang sangat tidak biasa. Karena biasanya mereka hanya mengonsumsi daging ayam nya saja tidak dengan kaki ayam atau ceker. Bagi sebagian orang asia dan tentunya orang Indonesia menyukai makanan satu ini. Biasanya ceker ayam ini di masak dengan bumbu pedas yaitu dengan menggunakan cabai setan atau masyarakat Indonesia sering menyebutnya dengan istilah ceker mercon. Istilah ini muncul karena jika kita memakan ceker ini di mulut pedasnya akan meletup-letup layaknya mercon atau petasan. Yah, menurut dugaanku sih seperti itu gengs, hehe.
Makanan ini sangat digemari oleh sebagian masyarakat Indonesia khususnya bagi pecinta kuliner pedas. Keunikan dari ceker ini yaitu membuat ketagihan bagi siapa saja yang memakannya karena pedas yang membikin pengen nambah lagi dan lagi. Kuliner ini sangat cocok dimakan bersama dengan nasi hangat, ada juga yang menambahkan ceker mercon ini pada mie ayam. Kebayang enaknya mie ayam ditambah dengan ceker mercon yang sangat menggoyang lidah. Tak heran jika kuliner ini diserbu para pembeli dan juga para pecinta makanan pedas. Biasanya yang gemar dengan ceker mercon ini dari kalangan anak muda sampai dewasa.
Ngomongin ceker mercon pasti udah pada ngiler, mending sempatin baca resep ceker mercon pedas manis berikut ini aja deh. Bagi kalian yang ingin membuat ceker mercon pedas manis sendiri di rumah wajib baca resep berikut ini. Berikut bahan-bahan dan cara membuat ceker mercon pedas manis. Disimak baik-baik yaa.
Bahan-bahan:
·          ½ kg ceker ayam
·         15 buah cabai setan
·          5 buah cabai keriting
·          8 buah bawang merah
·         8 buah bawang putih
·         2 ruas lengkuas geprek
·         1 batang serai yang sudah digeprek
·         3 lembar daun salam
·         1 ruas kunyit
·         3 ruas kencur ukuran kecil
·         Garam secukupnya
·         Penyedap rasa secukupnya
·         Gula merah secukupnya
·         ½ sdm merica
·         1 sdm kecap asin
·         ½ sdm kecap inggris
·         2 sdm cabai bubuk
Cara membuat:
·         Bersihkan kulit yang berwarna kuning pada ceker ayam, kemudian cuci hingga bersih.
·         Selanjutnya rebus ceker ayam selama 15 menit untuk menghilangkan darah yang masih menempel, kalau perebusan sudah selesai kemudian buang air rebusan dan tiriskan.
·         Setelah itu rebus kembali ceker ayam agar ceker bertekstur lunak.
·         Sambil menunggu perebusan, siapkan bumbu untuk dihaluskan seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, kencur. Blender semua bumbu sampai halus.
·         Jangan lupa rebus cabai terlebih dahulu dan kemudian haluskan juga.
·         Setelah itu tumis bumbu halus, sambil diaduk-aduk tambahkan juga salam, lengkuas, dan juga serai. Tunggu beberapa saat, kemudian masukkan bumbu halus kedalam rebusan ceker ayam.
·         Tambahkan juga garam, merica, penyedap rasa, bubuk cabai, gula merah, kecap asin, dan juga kecap inggris.
·         Tunggu ceker ayam sampai mendidih atau kira-kira ceker sudah melunak (sudah matang).
·         Setelah ceker ayam matang, sajikan bersama nasi hangat.
Tidak semua orang menyukai ceker mercon, karena sensasi pedasnya yang memang begitu menggoyang lidah. Seperti orang barat yang tidak biasa memakan ceker ayam, karena biasanya mereka memakan dagingnya saja. Terlepas dari itu pasti banyak yang menyukainya apalagi bagi pecinta kuliner pedas. Makanya jika anda ingin membuat ceker ayam di rumah jangan lupa lihat resep ini yaa. Selamat mencoba.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox