berbagi resep-resep pilihan dari pengalaman pribadi

Artikel Terbaru

Minggu, 25 November 2018

Resep Teokbokki tanpa Gochujang


Pasti tak asing kan dengan makanan yang satu ini, bagi pecinta drakor atau drama korea pasti tahu dengan makanan ini. Makanan ini bisa kita sebut dengan teokbokki, dengan namanya saja pasti sudah jelas bahwa makanan ini berasal dari negeri ginseng atau biasa kita sebut dengan Korea. Teokbokki berbahan dasar dari tepung beras yang kemudian di buat adonan dan dipotong kecil-kecil seperti ruas jari dan dimasak dengan gochujang atau pasta cabai yang rasanya pedas manis. Makanan ini bisa dibilang makanan rakyat dan bisa kita jumpai di Pojangmacha.
Baca juga: Brownies Oreo
Sekarang ini jajanan teokbokki bisa kita temui di Indonesia, tak hanya di Korea saja. Berbagai restoran korea yang ada di Indonesia menjual jajanan yang satu ini. Banyak orang menyukai jajanan ini, karena rasanya yang manis dan juga pedas. Bagi pecinta makanan pedas pasti akan menyukainya. Jika anda penasaran bagaimana cara membuat teokboki, jangan khawatir. Kali ini aku akan membagikan resep teokbokki ala rumahan tanpa gochujang yang pastinya bisa anda buat di rumah dan tentunya tidak sulit bahan-bahan nya. Berikut ini resep teokbokki tanpa gochujang yang sangat mudah dibuat. Simak bahan-bahan dan cara membuatnya ya.
Bahan-bahan:
·         150 gr tepung beras
·         3 sdm tepung tapioka
·         Garam secukupnya
·         Merica secukupnya
·         Air mendidih
·         3 lbr daun bawang
·         Sedikit wijen untuk taburan yang telah di sangrai
Bahan saus:
·         5 sdm saus sambal
·         Bubuk cabai sesuai selera
·         2 siung bawang putih
·         2 siung bawang merah
·         Merica secukupnya
·         Garam secukupnya
·         1 sdm gula pasir
·         ¼ sdt kecap manis
·         Penyedap rasa secukupnya
·         Air secukupnya
·         Larutan tepung terigu
Cara membuat:
·         Pertama-tama siapkan tepung beras dan tepung tapioka, tambahkan garam dan merica secukupnya. Aduk-aduk sampai semua tercampur merata.
·         Selanjutnya tuangkan air mendidih sedikit demi sedikit, aduk-aduk adonan menggunakan sendok. Apabila sudah tidak lumayan panas aduk adonan menggunakan tangan sampai kalis.
·         Setelah itu siapkan talenan yang sudah dibubuhi sedikit tepung. Ambil adonan dan bentuk menjadi panjang kemudian potong adonan kecil-kecil dan menyerong.
·         Siapkan panci yang terisi air dan tambahkan juga sedikit minyak, agar proses perebusan tidak lengket.
·         Rebus adonan tteok sampai matang atau kira-kira sudah mendidih. Apabila telah matang tiriskan tteok pada wadah.
·         Langkah selanjutnya membuat sausnya, pertama panaskan wajan dengan sedikit minyak. Masukkan bawang yang sudah di haluskan, aduk-aduk sebentar sampai bau harumnya tercium.
·         Setelah itu masukkan saus sambal, bubuk cabai dan tambahkan secukupnya air, tambahkan juga larutan tepung terigu agar saus mengental.
·         Tambahkan juga garam, gula, penyedap rasa, dan juga kecap manis. Aduk-aduk sampai semua merata.
·         Kemudian masukkan tteok  pada wajan, aduk-aduk supaya tteok dan saus tercampur dengan sempurna.
·         Jangan lupa tambahkan potongan daun bawang, aduk-aduk sebentar. Setelah itu tteokbokki bisa disajikan.
·         Sajikan di atas piring dan taburi dengan sedikit wijen.
Resep tteokbokki di atas bisa anda jadikan referensi resep tteokbokki ala rumahan yang bisa anda buat dengan mudah. Tentu nya bahan-bahannya juga mudah, karena tidak dengan gocujhang. Tunggu apa lagi, siapkan buku catatan untuk menulis resep dan juga coba praktik kan di rumah ya. Selamat mencoba. Nantikan resep-resep makanan selanjutnya yang mudah dariku ya.

2 komentar:

Adbox