berbagi resep-resep pilihan dari pengalaman pribadi

Artikel Terbaru

Jumat, 10 Agustus 2018

Resep Telur Gulung


resep_telur_gulung

            Telur merupakan salah satu protein hewani dengan harga terjangkau dibandingkan dengan sumber protein lain. Selain kandungan protein, telur mengandung beberapa zat-zat gizi antara lain lemak, vitamin, dan mineral yang sangat diperlukan bagi tubuh. Komponen dari telur yang biasanya dikonsumsi yaitu putih telur dan kuning telur, sedangkan cangkang atau bagian kulitnya dapat dimanfaatkan untuk kerajinan tangan (handmade). Keistimewaan dari telur yaitu, merupakan salah satu pangan yang memiliki sumbangan terbesar, sehingga gizi masyarakat dapat terpenuhi. Tidak hanya itu, telur bagus untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Karena kandungan protein dan mineral yang banyak, sehingga gizi tubuh terpenuhi. Orang sakit juga dianjurkan mengonsumsi telur untuk mempercepat proses penyembuhan.
            Beberapa jenis telur yang biasa dikonsumsi yaitu telur yang berasal dari keluarga unggas seperti ayam, bebek, angsa, dan beberapa jenis burung seperti burung puyuh dan burung unta. Berbagai olahan telur dapat diolah dengan mudah, seperti telur rebus, telur goreng dadar, telur mata sapi, telur kukus, dan masih banyak lagi. Dan juga ada banyak berbagai olahan telur yang lebih variatif yang telah dimodifikasi seunik mungkin. Tentunya dengan banyak olahan telur yang unik akan banyak menarik masyarakat untuk merasakannya dengan membeli atau membuatnya sendiri. Jadi adanya hal tersebut merupakan kabar gembira bagi ibu-ibu yang memiliki anak kecil, karena akan menarik minat anak untuk lebih suka dengan telur yang memiliki kandungan protein yang bagus untuk pertumbuhan anak.
            Disamping itu terdapat olahan telur yang melegenda dari dulu sampai sekarang yaitu “telur gulung”. Aroma khas, bentuknya menggulung, dan rasanya yang gurih membuat siapa saja jatuh hati pada jajanan yang satu ini. Jajanan telur gulung banyak digangdrungi oleh anak-anak, remaja, bahkan sampai orang tua. Jangan khawatir kita tidak bisa memakannya lagi, karena langka yang menjualnya. Eitss jangan salah, ternyata gampang membuat telur gulung di rumah. Maka dari itu  chef via akan membagikan resep telur gulung, sehingga anda bisa membuatnya di rumah. Simak baik-baik ya bahan-bahan dan cara membuatnya.
Bahan-bahan:
·         6 butir telur
·         Garam secukupnya
·         Penyedap rasa secukupnya
·         10 sdm air matang
·         Tusuk sate
·         Mayonaise
·         Saos sambal
Cara membuat:
·         Pisahkan telur dari cangkangnya, kemudian tambahkan garam, penyedap rasa, dan 10 sdm air matang.
·         Setelah itu, mixer telur sampai lumayan berbusa atau semua bahan sudah tercampur dengan sempurna.
·         Panaskan minyak, kemudian ambil adonan telur menggunakan sendok sayur dan masukkan kedalam minyak. Tuangkan telur di satu titik jangan menyebar, supaya ketika digulung menggunakan tusuk sate telur bisa menyatu.
·         Lakukan langkah tersebut sampai adonan dari telur habis.
·         Selanjutnya, hidangkan telur selagi masi hangat dan cocol dengan saos sambal dan mayonaise.
Resep telur gulung di atas cocok disantap sambil nonton tv ataupun dijadikan teman minum teh. Sebenarnya membuat telur gulung ini tidak harus menggunakan mixer, asalkan telur dikocok sampai benar-benar mengembang. Selamat mencoba.



2 komentar:

Adbox