berbagi resep-resep pilihan dari pengalaman pribadi

Artikel Terbaru

Rabu, 22 Agustus 2018

Resep Sate Kambing


          
resep_sate_kambing

  Sate merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Jawa. Makanan ini terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan kemudian ditusuk menggunakan tusukan dari bambu ataupun yang berbahan dari besi panjang seperti tusuk bambu. Cara pemasakan sate yaitu dengan cara dibakar menggunakan arang. Terdapat berbagai macam jenis sate seperti sate ayam, kambing, sapi, ataupun sate ikan. Berbicara tentang sate, di Indonesia terdapat berbagai macam sate yang menjadi ciri suatu daerah, seperti sate madura, sate padang, sate ponorogo, sate maranggi, sate ambal, dan juga sate lilit. Banyak masyarakat Indonesia yang menyukai sate, tak hanya itu orang luar negeri pun ada yang suka dengan makanan ini. Di samping itu negara lain pun mengklaim bahwa sate merupakan makanan khas mereka.
            Pada artikel kali ini aku akan mengulas sedikit tentang sate kambing. Sate kambing merupakan sate yang seperti pada umumnya, namun pengolahannya sedikit beda yaitu pada saat akan ditusuk daging kambing yang telah dipotong kecil-kecil kemudian di campur dengan remasan daun pepaya. Pada proses ini bertujuan, agar daging yang dihasilkan akan terasa empuk setelah menjadi sate. Tidak hanya daun pepaya yang bisa digunakan untuk melunakkan daging kambing, bisa juga dengan menggunakan buah nanas. Sate kambing akan menjadi primadona ketika hari raya Idul Adha, karena hewan ini menjadi salah satu hewan yang dijadikan kurban pada saat hari raya Idul Adha. Sehingga akan banyak orang yang membuat sate dari hasil kurban tersebut.
            Ngomongin tentang sate kambing, pasti kalian berpikir ribet membuatnya, malas, pasti susah ya. Jangan salah, ternyata membuat sate kambing ini tidaklah sulit. Hanya saja proses pembakarannya yang membutuhkan kesabaran. Untuk itu, kali ini aku akan membagikan resep sate kambing yang dijamin empuk dan enak. Makanya simak ya resep sate kambingnya.
Bahan-bahan:
·         1 kg daging kambing
·         Beberapa lembar daun pepaya
·         Tusuk sate
·         3 buah tomat
·         Secukupnya cabai setan
·         4 butir bawang merah
·         Kecap manis
·         Garam
·         Merica
Cara membuat:
·         Cuci bersih daging kambing, kemudian potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil-kecil.
·         Kemudian campuri daging dengan garam dan merica bubuk secukupnya, aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata.
·         Selanjutnya campurkan dengan daun pepaya yang telah diremas-remas menjadi bagian yang lebih kecil-kecil.
·         Diamkan daging selama 10 menit.
·         Setelah 10 menit, ambil daging dan tusuk-tusuk sampai daging habis.
·         Kemudian bakar daging sampai teksturnya empuk.
·         Sambil menunggu daging matang, buat bumbu untuk saus yang terdiri dari irisan tomat, cabai setan, bawang merah, dan juga kecap.
·         Aduk-aduk saus sampai tercampur merata.
·         Apabila sate telah matang, angkat dan kemudian sajikan dengan saus cabai pedas.
Resep sate kambing di atas bisa anda coba dan kreasikan di rumah, selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox