berbagi resep-resep pilihan dari pengalaman pribadi

Artikel Terbaru

Selasa, 21 Agustus 2018

Resep Bolu Pisang Panggang Lembut


          
resep_bolu_pisang_panggang_lembut

  Bolu pisang merupakan salah satu olahan kue yang berbahan dasar dari buah pisang, tepung terigu, telur, mentega, gula, garam, dan beberapa macam pengembang. Olahan kue bolu ini paling digemari oleh sebagian masyarakat, karena teksturnya yang lembut dan juga rasanya yang enak. Tak hanya itu, bau khas aroma pisang nya yang membuat siapa saja ketagihan untuk memakannya. Biasanya pisang yang digunakan untuk membuat bolu yaitu pisang ambon, pisang raja, dan pisang kapok. Beberapa jenis pisang ini dipilih karena teksturnya yang keras dan juga tidak memiliki kandungan air yang banyak.
Baca Juga: Es Piscok Anggur
            Pada dasarnya ada 2 cara dalam pembuatan bolu pisang, yaitu dengan cara dikukus dan dipanggang. Mau dengan cara dikukus ataupun dipanggang sama saja, rasa dari bolu nya tetap saja enak. Yang membedakan kalau dikukus teksturnya agak sedikit basah, kalau dipanggang teksturnya agak kering. Rasa enak yang dihasilkan bolu pisang ini membuat siapa saja menyukai olahan kue bolu ini.  Biasanya bolu pisang ini tersedia di toko-toko kue, roti, ataupun cake. Untuk yang tidak sempat membeli bolu pisang, bisa juga membuatnya di rumah. Jangan khawatir bahan-bahan untuk membuat bolu pisang ini mudah untuk kita dapatkan di pasar, swalayan, ataupun di supermarket terdekat. Tak hanya itu cara membuatnya juga terbilang mudah dan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Untuk itu, aku akan berbagi resep bolu pisang yang enak dan juga lembut. Jangan lupa simak ya bahan-bahan dan cara membuatnya.
Bahan-bahan:
·         4 buah pisang ambon ukuran sedang
·         130 gr tepung terigu protein rendah
·         1 sdm tepung maizena
·         110 gr margarin yang sudah dicairkan
·         4 butir telur
·         130 gr gula pasir
·         100 ml susu cair
·         Keju cheddar
·         ½ sendok teh baking powder
·         1 sendok teh sp
·         Garam secukupnya
Cara membuat:
·         Kupas buah pisang dan lumatkan sampai halus.
·         Masukkan telur, gula pasir, dan sp kemudian mixer sampai mengembang. Selanjutnya masukkan pisang yang sudah halus dan mixer kembali.
·         Setelah itu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, tepung maizena, garam, dan juga baking powder. Dan juga tambahkan susu cair, kemudian mixer adonan sampai merata.
·         Tambahkan juga margarin yang sudah dicairkan, aduk-aduk dengan spatula sampai adonan tercampur rata.
·         Selanjutnya siapkan loyang yang telah diolesi dengan margarin, masukkan adonan ke dalam loyang dan taburi keju di atasnya, panggang selama 45 menit. Untuk mengetahui bolu pisang sudah matang, tusuk dengan lidi. Apabila tidak lengket berarti bolu sudah matang.
·         Dinginkan bolu pisang dan kemudian keluarkan dari loyang.
·         Bolu pisang siap untuk dinikmati.
Dari resep di atas kita dapat menyimpulkan bahwa membuat bolu pisang bukanlah perkara yang sulit. Apalagi dari segi bahan-bahan yang dibutuhkan mudah untuk kita temui di pasar, supermarket, ataupun swalayan. Sehingga kekhawatiran kita hilang dengan mudahnya bahan yang diperlukan dan juga tata cara membuatnya. Dengan itu, kita bisa membuat bolu pisang di rumah dengan hati senang. Jika mood kita baik, makanan yang kita buat pasti juga rasanya akan enak. Selamat mencoba.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox