berbagi resep-resep pilihan dari pengalaman pribadi

Artikel Terbaru

Sabtu, 11 Agustus 2018

Resep Rujak Buah



          
resep_rujak_buah

  Rujak merupakan makanan tradisional yang berupa campuran buah-buahan seperti mangga muda, mentimun, jambu air, belimbing, nanas, pepaya, dan masih banyak lagi yang cara makannya di cocol dengan saus gula jawa pedas atau disiram dengan kuah gula jawa pedas. Atau juga campuran dari berbagai sayuran seperti kangkung, taoge, dan kacang panjang yang disiram dengan kuah pedas yang terbuat dari kacang goreng, garam, cabai, dan gula merah atau gula jawa. Di Indonesia sendiri terdapat macam-macam rujak yang bisa dibilang unik, simak selengkapnya.
1.      Rujak Cingur merupakan salah satu makanan khas dari Jawa Timur. Rujak Cingur ini terdiri dari irisan berbagai buah, seperti mentimun, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, dan juga tambahan lontong, tahu, tempe, bendoyo, dan cingur serta sayuran seperti taoge , kangkung, dan kacang panjang. Semua bahan-bahan dicampur dengan bumbu olahan petis udang, air matang, gula merah, cabai, kacang goreng, garam dan irisan pisang kluthuk. Semua bumbu dicampur dan diuleg sampai merata.
2.      Rujak Gobet merupakan makanan khas dari Malang. Rujak Malang ini terdiri dari berbagai macam buah seperti bengkuang, nanas, pencit, belimbing, nangka muda (babal) dan masih banyak lagi. Bisa dibilang mirip lah sama rujak-rujak pada umumya, hanya saja nama yang membedakannya.
3.      Rujak Manis bisa disebut juga dengan salad jawa, karena terdapat berbagai buah yang kemudian disiram dengan saus manis pedas yang terbuat dari gula jawa, garam, dan cabai.
4.      Rujak Petis merupakan makanan khas daerah Jawa Timur, sama halnya dengan rujak cingur tadi yang bahan-bahannya terdiri dari buah-buahan, sayuran, dan juga saus petis.
5.      Rujak Soto merupakan makanan tradisional dari Banyuwangi, Jawa Timur. Makanan ini merupakan perpaduan antara Soto Babat dan Rujak Cingur.
6.      Rujak Kuah Pindang Bali terdiri dari buah-buahan seperti, mangga muda, pepaya muda, jeruk bali, dan kedondong yang diiris tipis-tipis dan kemudian disiram dengan rebusan kuah kepala ikan.
7.      Rujak Terasi Lombok terbuat dari parutan berbagai macam buah segar lalu di atasnya disiram dengan cairan gula merah kental dan disiram lagi dengan terasi dan cabai rawit.
8.      Rujak Es krim Jogja, mendengar dari namanya saja sudah unik apalagi dengan rasanya. Yap Rujak Es krim ini terdapat di Jogja, namun yang paling terkenal terdapat di halaman Istana Pakualaman. Rujak ini terdiri dari irisan buah segar seperti nanas, mentimun, kedondong, pepaya, kemudian dicampur dengan bumbu rujak dan terakhir beri es krim.
9.      Rujak Bakso Madura merupakan campuran lontong, kuah bakso, dan campuran kacang kental yang teksturnya nyaris seperti bubur. Rujak ini paling enak dinikmati selagi masih hangat.
10.  Rujak Mie Palembang merupakan rujak yang terdiri dari campuran taoge, mentimun, mie soun, tahu goreng, dan juga pempek bertabur ebi halus yang kemudian disiram dengan kuah cuka yang asam manis dan juga pedas.
11.  Rujak Kecut Banyuwangi terdiri dari campuran buah-buahan yang di cacah dengan bumbu-bumbu yang terdiri dari cabai, terasi, gula jawa, dan ditambah asem atau cuka.
12.  Rujak Aceh ini memiliki citarasa asam, pedas dan manis seperti rujak pada umumnya. Tentunya rasanya yang menyegarkan pelepas dahaga dan kepenatan.
Indonesia memang kaya akan makanan-makanan khas, sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Ngomongin soal rujak memang tiada habisnya ya. Namun, rujak ini gampang lo guys cara membuatnya. Makanya simak yuk bahan-bahan dan cara membuatnya. Berikut ini resep dari Rujak Buah.
Bahan-bahan:
·         Pepaya setengah matang
·         Mentimun
·         Jambu kristal
·         Gula merah atau gula jawa
·         Garam
·         Cabai setan 4 buah
Cara membuat:
·         Kupas semua buah, lalu cuci bersih
·         Kemudian potong-potong buah sesuai selera
·         Setelah itu siapkan bumbu rujaknya, pisahkan cabai dari tangkainya dan taruh kedalam cobek bersama dengan gula merah dan garam
·         Selanjutnya haluskan semua bumbu sampai halus, apabila kurang encer bumbunya tambahkan sedikit air agar tidak terlalu kering
·         Rujak siap untuk dinikmati
Rujak merupakan makanan tradisional dari negara tercinta kita Indonesia, sepatutnya kita sebagai masyarakat Indonesia wajib melestarikan budaya asli Indonesia agar tidak hilang ditelan zaman. Supaya anak cucu kita kelak dapat merasakannya betapa kayanya kebudayaan Indonesia, tidak hanya dengar ceritanya saja. Sekian Resep Rujak buah dari saya, tunggu artikel resep-resep makanan berikutnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox