berbagi resep-resep pilihan dari pengalaman pribadi

Artikel Terbaru

Minggu, 12 Agustus 2018

Resep Cilok


         
resep_cilok

   Cilok merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar aci atau yang sering dikenal dengan sebutan dengan tepung tapioka dan juga tepung terigu. Makanan ini menjadi makanan khas dari daerah Jawa Barat. Tekstur dari cilok sendiri yaitu kenyal dan bentuknya bulat-bulat kecil seperti bakso. Di dalam cilok ini biasanya terdapat isiannya seperti ayam, telur, atau juga ada yang berisi gajih. Untuk bumbu pelengkap cilok biasanya bumbu kacang, tetapi biasanya kalau cilok bandung bumbunya terdiri dari kecap, saus sambal, bumbu tabur asin, dan juga bumbu tabur yang pedas.
            Menikmati jajanan cilok ini paling enak ketika masih hangat dan juga lebih afdol makan cilok dengan tusuk, sambil dicelupkan ke saus cilok nya. Bisa juga dinikmati ketika waktu santai, mengobrol dengan teman, atau juga ketika waktu hujan. Karena pada saat hujan biasanya enak kalau makan makanan yang hangat. Dengan harga yang murah dan rasa yang enak, cilok banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Biasanya yang paling menggemari cilok yaitu anak-anak sekolah. Karena harganya yang tidak menguras uang saku sekolah, ya bisa dibilang harganya yang murah meriah atau juga pas di kantong.
            Tak perlu panjang lebar dan berbelit-belit. Kali ini aku akan membagikan resep cilok yang aku kreasikan sendiri, yaitu cilok dengan isian keju mozzarella dan juga telur orek. Disimak baik-baik ya, kalau perlu bisa dicatat atau bisa di screenshot untuk menambah koleksi resep masakan anda. Yuk, intip resep cilok nya.
Bahan-bahan:
·         ¼ kg tepung tapioka
·         ¼ kg tepung terigu
·         1 butir telur
·         Keju mozzarella
·         Daun bawang secukupnya
·         1 siung bawang putih
·         Ketumbar secukupnya
·         Garam
·         Gula
·         10 buah cabai rawit (bisa cabai yang lain)
·         Dua genggam kacang tanah yang sudah digoreng
Cara membuat:
·         Campur menjadi satu tepung tapioka dan tepung terigu dalam wadah.
·         Beri sedikit demi sedikit air hangat dan aduk-aduk menggunakan tangan sampai adonan kalis atau merata.
·         Tambahkan juga bumbu halus yang terdiri dari 3 butir bawang, ketumbar, dan garam. Dan juga tambahkan daun bawang yang telah dipotong-potong. Aduk-aduk adonan lagi sampai merata.
·         Sambil membuat bola-bola cilok, panaskan air dalam panci dan tunggu sampai mendidih.
·         Tambahkan juga isian cilok dengan keju mozzarella dan juga telur orek.
·         Apabila air tadi sudah mendidih, masukkan bola-bola cilok dan tunggu sampai matang atau bila cilok telah mengambang berarti cilok sudah matang. 
·         Untuk membuat bumbu kacangnya kita siapkan bahan-bahan seperti kacang goreng, cabai, gula merah, dan juga garam. Ulek semua bahan bumbu sampai halus. Setelah itu tambahkan secukupnya air untuk mencairkan bumbu kacang tersebut. 
·         Letakkan cilok di atas piring dan siram dengan bumbu kacang.
·         Cilok siap untuk dinikmati. Nikmati cilok selagi masih hangat.
Dari resep cilok diatas, anda bisa mengkreasikan cilok yang anda buat dengan melihat referensi resep dari saya. Cilok tidak harus diisi dengan keju ataupun telur orek, bisa dengan bahan yang lainnya. Apabila anda tertarik dengan resep saya, silahkan dipraktekkan dan dicoba di rumah. Selamat mencoba.






2 komentar:

Adbox