berbagi resep-resep pilihan dari pengalaman pribadi

Artikel Terbaru

Selasa, 14 Agustus 2018

Cara Membuat Manisan Carica


          
resep_manisan_carica

  Siapa yang tidak tahu dengan buah yang bernama carica, buah yang masih tergolong dalam keluarga pepaya ini merupakan buah yang berhasil dibudidayakan di daerah dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Karena daerah Dieng ini memiliki kelembapan yang pas, sehingga carica dapat tumbuh subur di sana. Buah carica memang bukan berasal dari Indonesia akan tetapi berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan. Sekilas buah ini mirip dengan buah pepaya, namun buah carica memiliki bentuk atau ukuran yang lebih kecil. carica menjadi oleh-oleh khas Dieng yang banyak diincar oleh para wisatawan yang berkunjung.
            Buah carica tidak akan enak jika langsung dimakan, karena rasa dari daging buahnya yang cenderung tidak manis. Sehingga buah ini lebih enak dinikmati jika telah menjadi olahan. Beberapa olahan yang bisa dibuat dari buah carica ini seperti sirup, manisan, ataupun selai. Ketika buah carica ini sudah diolah akan terasa manis, karena telah ditambah dengan gula pasir. Maka dari itu banyak orang Dieng yang mengolah carica menjadi manisan buah yang segar dan dijual untuk menjadi oleh-oleh khas dari daerah Dieng. Pendapatan dari penjualan manisan carica ini akan lebih banyak daripada carica hanya dijual masih mentah. Sehingga dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan pendapatan daerah masyarakat Dieng.
Baca Juga: Resep Cilok
            Di era ini semakin banyak orang yang menjual manisan carica dalam kemasan, tidak hanya masyarakat Dieng saja. Maka akan semakin banyak persaingan dalam hal harga, kualitas, ataupun dari segi rasa. Kita sebagai masyarakat biasa juga bisa membuat manisan carica sendiri di rumah. Yang terpenting ada bahan-bahannya yang akan dibuat manisan dan juga tahu bagaimana resepnya. Maka dari itu, aku akan membagikan resep manisan carica khas Dieng. Simak baik-baik ya, kalau perlu dicatat agar selalu ingat resep nya. Berikut ini Resep carica khas Dieng
Bahan-bahan:
·         8 buah carica
·         ¼ kg gula pasir
·         Air secukupnya
·         Garam secukupnya
Cara membuat:
·         Kupas buah carica sampai habis, kemudian cuci sampai bersih.
·         Setelah itu potong-potong buah carica menjadi dua bagian, kemudian keruk biji carica dan pindahkan pada wadah. Selanjutnya potong-potong buah carica menjadi bagian yang lebih kecil.
·         Selanjutnya rendam potongan buah carica kedalam air kapur sirih dan diamkan selama 30 menit.
·         Sambil menunggu carica yang di rendam, peras biji carica yang sesekali telah ditambahkan dengan air dan saring air dari biji carica tersebut.
·         Apabila carica telah terendam selama 30 menit lalu angkat, kemudian cuci sampai bersih dan tiriskan.
·         Siapkan panci yang telah diisi dengan air, kemudian masukkan buah carica, secukupnya garam, dan juga gula (penambahan gula sesuai selera, jika anda suka manis bisa tambahkan lagi). Tunggu carica sampai mendidih.
·         Jika carica telah mendidih matikan kompor, tandanya carica telah matang.
·         Sajikan carica ketika telah dingin atau bisa juga dimasukkan ke lemari es terlebih dahulu agar rasanya lebih segar dan terasa lebih nikmat.
Olahan dari carica yang paling digemari yaitu manisan carica, karena rasanya yang manis dan segar. Sehingga banyak bermunculan pusat oleh-oleh ataupun toko oleh-oleh yang menjual manisan carica kemasan, yang ditujukuan untuk wisatawan yang berkunjung ke Wonosobo ataupun Dieng.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox