berbagi resep-resep pilihan dari pengalaman pribadi

Artikel Terbaru

Rabu, 07 November 2018

Pancake Susu Cokelat

Pancake merupakan kue yang bentuknya pipih berbahan dasar dari tepung terigu, telur, gula, dan susu cair. Adonan pancake ini dicampur menjadi satu yang kemudian berubah menjadi adonan encer, tetapi tidak terlalu encer. Setelah adonan dibuat biasanya pancake di panggang di atas teflon atau wajan anti lengket. Pada proses pembuatannya dianjurkan menggunakan teflon, karena supaya adonan diambil tidak lengket. Nah, biasanya pancake ini dinikmati dengan madu, sirup buah, cokelat cair, ataupun susu kental manis.
Melihat dari asal usulnya pancake sendiri sudah ada sejak zaman Romawi Kuno, awalnya pancake ini bernama Alita Dolcia atau yang berarti “makanan manis”. Dilihat dari bahannya pancake pada zaman Romawi Kuno ini tidak jauh dari pancake yang sekarang ini. Bahan-bahannya terdiri dari terigu, susu, dan juga bumbu. Kemudian adonan tersebut dimasak dalam sebuah benda yang menyerupai pan, karena pada zaman tersebut belum ada pan. Seiring berjalannya waktu pancake mulai dikenal di kalangan masyarakat Eropa sejak tahun 1430-an. Tak hanya itu, pancake juga tersebar di wilayah Jerman, Perancis, Finlandia, Irlandia, dan juga Inggris. Biasanya kudapan ini dijadikan makanan penutup atau dessert.
Baca juga: Mango Splash
Tak hanya terkenal dan populer di wilayah Eropa saja, pancake sekarang ini telah populer di seluruh dunia. Banyak masyarakat menyukai kudapan ini, karena rasanya yang enak dan juga mudah untuk dibuat dan juga bergizi karena berbahan dasar terigu, susu, dan juga telur. Untuk kesempatan kali ini aku akan membagikan resep pancake susu cokelat yang mudah dibuat dan juga murah bahan-bahannya. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan dan juga tata cara membuat pancake susu cokelat. Simak baik-baik yaa guys.
Bahan-bahan:
·         350 gr tepung terigu
·         1 butir telur
·         2 sdm mentega cair
·         1 gelas susu cair
·         4 sdm gula halus
·         ¼ sdm ragi instan
·         1 sachet susu kental manis rasa cokelat
Cara membuat:
·         Pertama-tama pecahkan telur, masukkan kedalam wadah. Tambahkan juga gula halus, susu cair, dan juga mentega cair. Kocok semua bahan sampai tercampur merata.
·         Setelah itu masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu dan juga sambil di mixer. Tambahkan juga ragi instan dan mixer kembali.
·         Apabila semua bahan telah tercampur semua, siapkan teflon dan panaskan.
·         Masukkan adonan pancake menggunakan sendok sayur secara satu persatu.
·         Lakukan langkah tersebut sampai adonan pancake habis.
·         Setelah semua selesai, tata pancake pada piring. Jangan lupa beri susu cokelat diatasnya.
·         Pancake siap untuk dihidangkan.
Resep diatas merupakan rekomendasi resep pancake yang bisa anda coba di rumah. Jangan khawatir, tidaklah sulit membuatnya. Bahan-bahannya pun mudah dicari dan juga tidak mahal guys. Selamat mencoba di rumah yaa, nantikan resep-resep makanan dariku selanjutnya.



1 komentar:

Adbox