berbagi resep-resep pilihan dari pengalaman pribadi

Artikel Terbaru

Selasa, 28 Agustus 2018

Resep Sate Sapi


resep_sate_sapi
Siapa yang tak kenal dengan yang namanya sate, pasti sudah pada tau kan. Sate merupakan makanan khas dari Indonesia yang biasanya terbuat dari daging ayam, sapi, ataupun daging kambing. Kuliner ini merupakan kuliner yang sudah mendunia lho, bahkan pada waktu presiden Amerika Barrack Obama melakukan kunjungan ke Indonesia juga ada hidangan sate yang ditujukan untuk presiden. Makanan ini memang banyak yang menyukai dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Rasa dan aroma yang khas menjadikan sate ini banyak yang menyukainya. Biasanya sate akan dipadukan dengan bumbu kecap pedas atau juga bumbu kacang. Dan juga ada lontong untuk melengkapinya. Tidak lupa juga biasanya di atas sate ada taburan bawang merah yang telah diiris tipis dan juga cabai rawit yang telah diiris. Ada juga yang menambahkan tomat yang diiris kecil-kecil yang kemudian dicampurkan ke dalam sambal kecapnya. Penambahan tomat ini biasanya bertujuan untuk menambahkan rasa segar.
Pada resep kali ini aku akan membagikan resep cara membuat sate sapi. Sate ini memang lebih enak daripada sate kambing karena aroma yang keluar dari sate sapi ini tidak tajam seperti aroma sate kambing. Dan juga daging dari sapi ini lebih lembut dibandingkan dengan sate kambing. Tetapi tetap banyak yang menyukai sate kambing, karena daging kambing berkhasiat untuk menaikkan atau menambah darah supaya tidak darah rendah. Nah, untuk kesempatan kali ini aku akan berbagi resep cara membuat sate sapi. Makanya simak baik-baik ya . Berikut ini resep cara membuat sate sapi.
Bahan-bahan:
·         Tusuk sate
·         Daging sapi ½ kg
·         2 lembar daun pepaya
·         5 siung bawang merah
·         2 siung bawang putih
·         10 buah cabai rawit
·         1 genggam kacang tanah yang telah digoreng
·         Kecap manis
·         Garam secukupnya
·         Merica secukupnya
Cara membuat:
·         Potong-potong daging sapi menjadi kecil-kecil, kemudian cuci bersih daging tersebut.
·         Setelah itu campurkan remasan daun pepaya dan daging sapi. Diamkan kira-kira selama 15 menit.
·         Sambil menunggu daging sapi berubah tekstur, haluskan garam bersama merica untuk menaburi daging sapi nya.
·         Apabila telah 15 menit, daging kemudian dicuci untuk membersihkan dari daun pepaya yang menempel.
·         Selanjutnya campurkan daging bersama bumbu halus, aduk-aduk sampai merata.
·         Kemudian tusuk-tusuk daging sampai tidak tersisa. Setelah itu bakar beberapa sate secara berulang-ulang sampai sate habis.
·         Untuk membuat bumbu kacangnya siapkan cabai rawit, 2 siung bawang merah, dan 2 siung bawang putih. Kemudian goreng bahan-bahan tersebut.
·         Setelah digoreng ulek kacang goreng, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan juga garam. Ulek bumbu sampai halus.
·         Selanjutnya bumbu dicairkan dengan menambahkan secukupnya air dan juga kecap untuk menambah rasa manis.
·         Kemudian siapkan sate pada piring, kemudian siram dengan bumbu kacang dan juga potongan bawang merah.
·         Sate sapi siap untuk dinikmati.
Resep sate diatas merupakan salah satu resep yang mudah dibuat. Tidak terlalu memakan banyak waktu, dan pastinya sate yang dihasilkan terasa enak dan juga lembut ketika kita gigit. Sekian resep dariku ya, nantikan resep-resep masakan yang mudah selanjutnya. Jangan sampai melewatkannya yaa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox